-->

PERTANYAAN YANG SERING MUNCUL PADA SAAT INTERVIEW TES KERJA

PERTANYAAN YANG SERING MUNCUL PADA SAAT INTERVIEW TES KERJA


Assalamu'alaikum wr wb

Pada kesempatan ini saya akan membuat sedikit ulasan mengenai pertanyaan apa saja yang sering muncul pada saat interview tes kerja.

Seringkali banyak orang stuck pada saat tes interview atau tes wawancara, kenapa? karena beberapa faktor yang membuat pelamar sulit untuk menjawab beberapa pertanyaan yang mememang cukup sulit untuk di jawab.

Pengalaman yang saya dapatkan beberapa tahun yang lalu yaitu, banyak nya pelamar gagal interview/wawancara di karenakan gugup, kurang nya persiapan materi maupun mental.

Dan mudah mudahan beberapa contoh pertanyaan yang saya buat dapat membantu anda atau menjadikan sebuah pelajaran untuk anda ketika anda akan menghadapi pertanyaan pada tes interview atau wawancara pada beberapa perusahaan dimana anda menginginkan bekerja di perusahaan tersebut.

Langsung aja ya :)

  • COBA CERITAKAN TENTANG DIRI ANDA?


Ceritakan tentang bio anda!
Disini anda harus menceritakan tentang diri anda dan keluarga anda, tapi harus di ingat anda jangan terlihat gugup dan kaku saat mulai menceritakan bio pribadi anda.

Ceritakan pendidikan anda!
Ceritakan jenjang pendidikan terakhir anda mulai dari sekolah menengah atas hingga kuliah.

Ceritakan sikap dan prestasi semasa anda sekolah atau kuliah!
Ceritakan bagaai mana anda semasa di sekolah atau kuliah mulai dari keseharian, organisasi yang anda ikuti, ekstrakulikuler yang anda ikuti, dan beberapa kegiatan yang banyak kita jumpai semasa sekolah atau kuliah, jangan lupa lampirkan juga setifikat prestasi yang anda raih semasa sekolah atau kuliah.

Ceritakan Kegiatan sehari hari anda di luar sekolah atau kuliah!
Ceritakan apa saja yang anda lakukan sepulang sekolah atau kuliah, mulai dari membantu orang tua, kursus, olahraga dll.
Perlu di ingat jangan menceritakan hal-hal berbau negatif ya, misal kebanyakan bermain dll.

Ceritakan juga pengalaman bekerja bagi yang udah pernah bekerja!
Perlu di ingat bahwa pengalaman bekerja dapat menjadikan sebuah penilaiian bagi diri anda ketika tes wawancara atau interview, ceritakan posisi yang berhubungan dengan posisi yang anda inginkan, kecuali jika anda di minta untuk menceritakan seluruh pengalaman kerja anda oleh si pewawancara.

Ceritakan bagian bagian yang menyenangkan!
Ceritakan bagian bagian atau hal hal menyenangkan tentang diri anda, sehingga si pewawancara penasaran dan ingin bertanya lebih lanjut, selain itu menceritakan hal menyenangkan dapat membuat anda tidak gugup seakan akan kita ngobrol dengan org yang sudah lama anda kenal.

Berceritalah dengan singkat dan jelas!
Ceritakan lah semua kehidupan anda dengan singkat dan jelas hindari ucapan atau kata kata yang tidak penting, buatlah si pewawancara masuk ke bagian kehidupan anda buatlah si pewawancara menyukai anda.

  • MENGAPA ANDA INGIN BEKERJA DI PERUSAHAAN KAMI?
Jika si pewawancara menanyakan mengapa anda ingin bekerja di perusahaan kami?
anda bisa menjawab dengan beberapa spoiler di bawah ini:

1. Anda harus mengetahui keunikan perusahaan tersebut.
2. Apakah anda cocok dengan posisi yang anda lamar?
3. Ceritakanlah kondisi ekonomi anda dan anda membutuhkan pekerjaan tersebut.

  • APA KELEBIHAN ANDA
Ceritakanlah kelebihan anda mulai dari sikap disiplin, sikap optimis, dan motivasi hidup anda (khusus untuk fresh graduate), jika pernah bekerja ceritakan semua kelebihan anda di bidang yang anda kuasai. ingat jangan berbohong ya :D

  • APA KEKURANGAN ANDA

Ceritakan semua kekurangan anda tapi anda harus menceritakan juga bahwa anda bisa berusaha menutupi kekurangan itu.

  • BERAPA GAJI YANG ANDA MINTA?


Jika anda adalah pelamar yang belum mempunyai pengalaman kerja atau hanya 1-2 tahun pernah bekerja, maka hindari untuk  menjawab pertanyaan tersebut dengan menyebutkan nilai angka tertentu. Mengingat, pada posisi anda yang tidak mempunyai pengalaman tersebut maka anda tidak mempunyai posisi tawar. 
Sebaliknya, anda juga tidak diperkenankan untuk menjawab dengan kata-kata "terserah bapak" atau "terserah perusahaan" karena jawaban ini menunjukkan bahwa anda merupakan orang lemah, orang murahan dan bahkan terkesan orang yang sudah gagal dimana-mana.
Baca juga:

Jawaban bijak yang perlu disampaikan adalah" Gaji … bukan merupakan hal penting bagi saya, yang lebih penting bagi saya adalah output kerja yang dapat kami hasilkan, saya rasa bahwa perusahaan akan lebih bijak untuk menentukan gaji bagi saya, untuk itu, kami serahkan kepada perusahaan, berapa gaji yang paling sesuai bagi saya “ 

Jawaban tersebut akan memberikan kesan kepada perusahaan bahwa anda tahu diri dengan posisi anda yang belum punya pengalaman dan anda terkesan lebih mementingkan hasil kerja daripada gaji.

Bagi perlamar yang sudah mempunyai pengalaman yang cukup berarti  ( 3- 10 tahun  ) atau mempunyai ketrampilan nyata yang langsung dapat dimanfaatkan, maka memberikan nilai tawar gaji dengan menetapkan angka tertentu dapat dilakukan, meskipun harus dengan pertimbangan yang pintar.

Beberapa pertimbangan yang harus dilakukan adalah :

  • menetapkan nilai gaji berdasarkan nilai gaji pada perusahaan terakhir. Minimal dengan nilai yang sama.
  • Atau menetapkan nilai gaji sesuai dengan nilai gaji pada umumnya dengan jabatan yang sama , lakukan survey kecil-   kecilan untuk   mencari info pasaran gaji pada jabatan yang anda lamar.
  • Bisa jadi anda menyerahkan nilai gaji tersebut kepada perusahaan, dengan kata-kata yang tepat “ saya rasa perusahaan mempunyai standard tertentu untuk nilai gaji pada jabatan ini. dan perusahaan  cukup mampu untuk menghargai setiap jabatan yang ada.. “

Demikian sedikit ulasan mengenai PERTANYAAN YANG SERING MUNCUL PADA SAAT INTERVIEW TES KERJA, semoga dapat membantu anda ketika mendapatkan pertanyaan seperti di atas.
Semoga bermanfaat ya :)